Menyiapkan menu arisan untuk keluarga

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, agar tidak repot menyiapkan menu arisan keluarga. Dengan melakukan deretan tips berikut ini, Anda pun dapat menyiapkan menu untuk arisan secara lebih efektif.

Jika Anda memilih menyiapkan menu arisan, ada baiknya Anda menyiapkan aneka makanan dan minuman yang mudah disiapkan. Pilihlah makanan dan minuman yang mudah dimasak dan diolah serta menggunakan bahan-bahan yang terjangkau. 

Anda tentu tidak ingin jungkir balik di dapur ketika keluarga sudah berdatangan bukan? Selain itu, Anda juga dapat melakukan persiapan seefektif mungkin dengan menyeragamkan tema makanan dan minuman yang disajikan. Penyeragaman tema dapat membantu Anda menyortir aneka kuliner yang hendak disajikan. Pesan sekarang.

Pilihan menu untuk arisan 

Anda juga bisa menyiapkan menu arisan secara efektif dengan menggunakan bahan serbaguna yang dapat digunakan untuk dua hingga tiga menu makanan arisan. Misalnya daging ayam untuk membuat ayam goreng, sup dan suwiran ayam nasi uduk.

Dengan menggunakan bahan serbaguna, Anda juga dapat menekan budget secara lebih efektif. Selain itu, pastikan pula menu makanan yang Anda siapkan dapat disajikan lintas waktu. Misalnya ayam goreng sebagai hidangan utama dalam menu arisan keluarga. Ayam goreng juga dapat disajikan sebagai menu arisan keluarga siang hari serta menu arisan keluarga malam hari.

Pesan sehari sebelumnya

Agar pekerjaan dapur menjadi lebih ringan di hari H, siapkan pilijan aneka menu untuk arisan sehari sebelumnya. Seperti memotong, mencincang dan menghaluskan bahan makanan, maupun membuat kaldu sebelum hari H. 

Pesan Sekarang

...
Jangan boros peralatan makanan

Untuk menyiasati peralatan makanan, gunakan alas seperti daun pisang pada piring saji. Anda juga dapat meminimalisir piring rusak dengan menggunakan rotan, serta pinggan antipanas yang dapat digunakan untuk memanggang serta menyajikan hidangan menu arisan keluarga.

Pilih makanan ringan yang praktis

Sementara itu, Anda juga bisa memesan dari toko langganan aneka makanan ringan yang praktis sebagai menu arisan keluarga. Deretan menu seperti biskuit, keripik dan buah potong dapat lebih mudah disiapkan. Selain hemat tenaga, deretan makanan ini juga memungkinan untuk dibeli dalam partai besar sehingga sekaligus menghemat budget Anda.

Aneka menu arisan berupa makanan ringan

Setelah memahami bagaimana cara menyiapkan menu untuk arisan keluarga yang efektif, yuk simak apa saja makanan dan minuman yang disajikan saat arisan. Kita mulai dari deretan makanan ringan ya!

Keripik

Keripik merupakan menu arisan keluarga yang paling umum disajikan sebagai jajanan pengganjal perut. Makanan arisan ini dipilih salah satunya karena dapat dipesan dalam partai besar. Umumnya keripik dapat dibeli kiloan sehingga dapat mengakomodir kebutuhan tamu dalam jumlah besar. Tentu saja, strategi ini juga dapat menghemat budget Anda.

Menu untuk arisan nan murah meriah ini pun disukai orang Indonesia umumnya. Sehingga dapat menjangkau anggota keluarga lintas usia. Ada beberapa jenis keripik yang kerap disajikan sebagai menu arisan keluarga seperti keripik singkong, keripik tempe, keripik pisang dan keripik ubi ungu.

Pisang goreng

Anda juga bisa menyajikan pisang goreng sebagai menu arisan keluarga untuk mengganjal perut. Pisang goreng dapat menjadi makanan penutup yang pas di akhir acara. Menu makanan ringan ini juga dapat disajikan menggunakan taburan keju dan cokelat lho.

Tempe dan tahu goreng

Selain pisang goreng, makanan arisan lainnya yang dapat mengganjal perut yaitu tempe dan tahu goreng. Jajanan murah meriah ini memang digemari banyak orang, selain itu menu ini juga terbilang timeless dapat dihidangkan sebagai menu arisan keluarga siang hari maupun menu arisan keluarga malam hari.

Tempe goreng yang disajikan pada hajatan arisan umumnya diiris tipis dan dijadikan mendoan maupun tempe goreng tepung. Tahu goreng pun demikian, bahkan ada pula yang diolah menggunakan isian berupa mie, sayur maupun bakso.

Klepon dan singkong pelangi

Klepon dan singkong pelangi merupakan dua jenis jajanan tradisional yang juga kerap dijadikan makanan arisan pengganjal perut. Makanan ringan dengan taburan kelapa ini memiliki rasa manis dan gurih yang dapat menambah keistimewaan acara.

Puding

Makanan ringan dengan cita rasa manis ini umumnya disajikan menggunakan cup transparan dilengkapi tutup dan sendok kecil. Cita rasanya yang segar sangat cocok dijadikan menu arisan keluarga.

Umumnya, puding terdiri dari tiga lapisan. Lapisan bawah berupa bolu biasa, lapisan tengah merupakan puding, serta lapisan atas yang terdiri dari agar-agar transparan berisikan buah.

Lumpia, risoles dan pastel

Menggunakan kulit yang terbuat dari tepung dan ragi, serta diisi beragam bahan pelengkap seperti suwir ayam, abon sapi, udang, potongan sayur, kentang, dan mie, membuat lumpia dan risoles menjadi salah satu jajanan paling diminati ketika arisan keluarga digelar.

Demikian halnya dengan pastel. Makanan ringan berbahan dasar kulit tepung ini dapat berisi beraneka macam isian dari potongan kentang, ayam, abon sapi, mie hingga sayuran. Rasanya yang gurih cocok disantap bersama cabai hijau. Pas untuk mengganjal perut tamu arisan.

Arem-arem

Menu arisan keluarga ini diolah menggunakan campuran beras dan santan yang dikukus bersama isian pelengkap makanan seperti ayam, oncom pedas maupun aneka sayuran seperti wortel dan kentang. Arem-arem umumnya dibungkus menggunakan daun pisang. Rasanya yang gurih, pedas dan mengenyangkan cocok dijadikan makanan arisan pengganjal perut. Selain arem-arem, Anda juga bisa menyajikan makanan ringan sejenis seperti semar mendem.

Kue lapis

Kue lapisi memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis. Penampakannya berlapis-lapis dengan corak warna nan memikat. Menu arisan keluarga ini dibuat menggunakan tepung beras, tepung kanji, garam, gula pasir, santan kelapa, dan pewarna. 

Menu arisan berupa hidangan utama

Selain makanan ringan, ada pula hidangan utama yang kerap disajikan sebagai makanan arisan. Apa saja?

Nasi liwet dan nasi uduk

Selain nasi putih, nasi liwet, dan nasi uduk juga bisa menjadi alternatif penyokong karbohidrat dalam menu arisan keluarga. Kedua olahan nasi bercita rasa gurih ini dapat menunjang nafsu makan keluarga Anda. Tak hanya itu, cara membuat kedua menu nasi ini juga terbilang mudah.

Mie goreng

Meski sama-sama berperan sebagai penyuplai karbohidrat, mie goreng juga dapat menjadi alternatif pondasi dasar makanan bersama aneka lauk lainnya. Mie goreng umumnya disajikan menggunakan mie kuning, potongan kol dan bakso. Menu untuk arisan sangat cocok disantap mereka yang bosan menyantap nasi.

Ayam serundeng bumbu kuning

Ayam goreng merupakan salah satu menu hajatan paling populer di Indonesia. Selain digemari banyak orang, olahan makanan ini juga terbilang mudah disiapkan. Salah satu olahan ayam goreng yang cocok disajikan sebagai menu arisan keluarga yaitu ayam serundeng bumbu kuning. 

Olahan ayam dengan taburan serundeng yang terbuat dari parutan kelapa ini nikmat disantap bersama aneka lauk lainnya. Tak hanya itu, ayam serundeng bumbu kuning juga dapat disiapkan dan disimpan sehari sebelum hari H arisan.

Bakwan tahu

Menu arisan keluarga yang cocok disantap bersama aneka lauk lainnya yaitu bakwan tahu. Olahan gorengan ini diolah menggunakan parutan wortel, telur, garam, serta merica dengan balutan tepung.

Nasi tumpeng

Selain menyiapkan hidangan utama dengan bahan serba guna dan mudah dijangkau, cara efektif menyiapkan menu arisan keluarga yaitu dengan membuat nasi tumpeng. Nasi tumpeng pada dasarnya terdiri dari nasi kuning yang diolah menggunakan bahan dasar nasi putih dengan campuran kunyit, lengkuas, serai dan daun pandan. Keberadaan kunyit sebagai pewarna alami makanan, membuat nasi ini memiliki warna kuning menyala nan menggugah selera. Aromanya yang harum dan rasanya yang gurih berasal dari kandungan rempah yang menyertainya. 

Sementara itu ketika disajikan, nasi tumpeng dikelilingi 7 macam lauk pauk, seperti kering tempe, kering kentang, telur dadar iris, sambal, suwir ayam, sambal goreng ati ampela dan mentimun.

Nasi tumpeng yang kaya lauk dan variatif tentu bisa jadi alternatif hidangan utama menu arisan keluarga. Meski tidak harus melulu disajikan dalam bentuk tumpengan, sajian satu ini cocok dihadirkan dalam hajatan arisan.

Menu arisan berupa minuman

Menggelar acara arisan tidaklah lengkap tanpa kehadiran minuman yang dapat melepaskan dahaga para tamu, tiga di antaranya terangkum dalam minuman menu arisan keluarga berikut ini.

Jus buah

Jus buah merupakan menu arisan yang cocok untuk menyegarkan dahaga anggota keluarga yang hadir. Jus buah yang umumnya disajikan ketika acara arisan yaitu jus jeruk dan jus mangga. Anda juga bisa menghemat budget dengan menggunakan sirup rasa buah sebagai bahan alternatif jus buah.

Teh

Teh manis merupakan salah satu menu arisan keluarga pelepas dahaga paling familiar yang mudah ditemukan di acara arisan. Meski demikian, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi teh selepas makan, sebab dapat menghilangkan rasa kenyang.

Air mineral

Air mineral dapat menjadi menu arisan keluarga pelepas dahaga yang paling minim risiko. Sebab tidak panas dan tidak pula dingin, air mineral dapat menghindarkan Anda mengalami cedera di bagian pencernaan akibat anomali suhu pasca menyantap makanan panas maupun pedas. Selain itu, air mineral juga bebas gula sehingga aman dikonsumsi bagi anggota keluarga yang tengah menjalani diet.

Itulah aneka menu arisan keluarga dari makanan ringan, hidangan utama hingga minuman yang dapat Anda sajikan saat hajatan arisan tiba.


Paket Catering Khitanan Murah, Rekomendasi Nasi Box Jakarta