Apakah kamu orang yang suka asal memesan sesuatu ketika delivery makanan? tidak berpikir panjang, hanya sekali lihat langsung memesan? Padahal kamu tinggal di Jakarta yang memang mayoritas usaha makanan yang beragam. Kalau memang sudah seperti itu, kamu harus memulai untuk mengubahnya. Mengubah dengan memulai untuk mengetahui hal apa saja yang perlu kamu perhatikan sebelum delivery makanan di Jakarta.

Setiap orang berada disuatu tempat, tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan sebuah masalah, baik masalah sederhana maupun masalah yang lumayan rumit. Sama halnya dengan tinggal di Jakarta, Ibu kota yang selalu saja ada masalahnya. Masalah-masalah yang rumit memang menyebalkan, namun lebih menyebalkan apabila kita berlarut-larut dalam masalah yang sederhana yaitu, delivery makanan di Jakarta.

Beberapa problem bisa dirasakan ketika sedang sendiri atau bersama keluarga dan teman saat delivery makanan di Jakarta. Sikap mendengarkan, ego antar setiap pemesan juga dilatih dalam satu moment. Hal tersebut membuat yang terlihat sederhana menjadi lebih rumit apabila di jalani.

Kerumitan itu semakin bertambah dengan rasa lapar yang tak berujung. Fenomena itu  dinamakan “Hangry”. Keadaan dimana kamu sudah mengetahui rasa lapar yang membuat kamu merasakan situasi tidak menyenangkan seperti moodnya jadi jelek, karena kamu lapar dan orang yang berada sedang berada di dekatmu sulit mengabaikan perasaan yang kamu rasakan (juga ikut merasakan) mood kamu yang berantakan.

Menurut Jennifer MacCormack, seorang mahasiswa doktoral di Departemen Psikologi dan Ilmu Saraf di University of North Carolina di Chapel Hill (UNC) dan penulis utama dari sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Emotion mengatakan bahwa “secara umum diterima bahwa kelaparan dapat mempengaruhi suasana hati kita dan bahkan perilaku seperti agresif dan impulsif”.

Bagaimana? kalo dipikir-pikir ternyata lumayan sulit bukan? namun tenang saja dalam artikel ini tentunya akan membantu kamu dalam menghadapi situasi yang terlihat sederhana namun sering dirasakan problematikanya ketika sedang bersama teman, pasangan dan keluarga. Berikut 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Delivery Makanan di Jakarta!

1. Membandingkan harga

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Delivery Makanan di Jakarta

Tidak hanya offline store dan pasar tradisional saja yang kamu harus menggunakan teknik membandingkan harga ketika ingin membeli sesuatu, namun ketika kamu ingin delivery makanan penting sekali untuk membandingkan harga juga. Melihat berbagai macam platform aplikasi yang memiliki fitur food delivery makanan di jakarta seperti GoJek yang memiliki GoFood dan Grab yang memiliki fitur GrabFood.

Kedua platform aplikasi yang menyediakan fitur delivery makanan di jakarta, harus kamu bandingkan mana yang jauh lebih murah untuk dipesan, agar rasa sesal tidak datang di kemudian hari. Ditambah lagi apabila kamu memesan delivery makanan, ketika berada di Jakarta atau orang asli Jakarta.

Jakarta memiliki jumlah terbanyak dalam Usia Penyediaan Makanan dan Minuman Skala Menengah Besar menurut Provinsi dan Jenis Usaha, tahun 2018 yaitu dengan jumlah 3.021 untuk jenis usaha Restoran/Rumah Makan, Katering sebanyak 97 dan lainnya sebanyak 1.098 dengan jumlah total 4.216, menurut data Badan Pusat Statistik, 19 Mei 2020.

Dengan jumlah yang sangat besar, otomatis kamu mendapatkan banyak referensi sehingga kamu harus memperhatikan hal tersebut dengan membandingkan harga yang ingin kamu pesan dengan satu tempat ke tempat lainnya. Ditambah dengan perbandingan harga dari satu platform dengan platform lainnya.

Promo

Hal yang kamu perlu perhatikan ketika delivery makanan di Jakarta selain membandingkan harga adalah promo, atau melihat harga promo. Promo yang besar tentunya akan menjadi daya tarik bagi kamu yang ingin memesan makanan yang sedikit mewah, namun kondisi kantong belum memungkinkan.

Dengan kamu memperhatikan ketika delivery makanan, seperti mencari promo yang menarik dan pas sesuai kondisi kantong, tentunya sangat menguntungkan. Promo sendiri bermacam-macam bentuknya. Ada promo yang memang diberikan dari masing-masing platform seperti GoFood dan GrabFood atau ada promo yang disediakan masing-masing store.

 

Mengapa promo itu penting dan harus diperhatikan ketika delivery makanan? tentunya selain hemat agar kamu tidak menyesal. Ketika ingin membeli sesuatu misalnya ayam geprek, kamu tidak memperhatikan dan langsung beli saja, namun ketika sudah memesan, terkadang ada hasrat ingin cari yang lain, ternyata melihat store yang menjual ayam geprek jauh lebih murah dengan kualitas yang sama, bagaimana tidak menyesal?

Tentunya promo ini harus kamu perhatikan ketika delivery makanan di jakarta, karena bentuknya yang beragam tentunya akan menjadi poin plus buat kamu, pasangan, teman dan keluarga. Bisa buy 1 get 1, 1 nya bisa dikasih ke teman yang memang kondisi keuangan lagi bermasalah tentu saja banyak hal positif ketika kamu memperhatikan promo ketika delivery makanan di jakarta.

 Jarak

Tentunya dengan membandingkan harga dan promo, hal yang perlu diperhatikan ketika delivery makanan di Jakarta adalah jarak. Jarak ini sangat berpengaruh bagi fitur delivery makanan, seperti GrabFood & GoFood. Semakin jaraknya jauh otomatis durasi waktu pemesanan menjadi lebih lama dan argo ongkos kirim juga semakin mahal.

Oleh karena itu sangat penting memperhatikan jarak ketika delivery makanan, ditambah Jakarta yang luas tentunya harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai ketika kamu sudah mengetahui store yang recomend sampai lupa memperhatikan jaraknya, karena nanti akan berdampak pada harga ongkos kirimnya.

Sajian Rekomendasi : Nasi Kotak

Dengan memperhatikan jarak kamu juga akan terhindar dari teman-temanmu yang sudah hangry dan apabila kamu memesan dengan patungan, patungan bersama teman-teman untuk ongkos kirimnya menjadi tidak mahal. Tentunya akan menjadi lebih nyaman ketika membagi berapa jumlah patungan untuk ongkos kirim dari setiap pemesan.

Packaging

Hal selanjutnya yang suka terlepas dalam memesan delivery makanan adalah packaging. Mengapa kita harus memperhatikan packaging ketika delivery makanan? memang tidak setiap waktu harus memperhatikan packaging ketika delivery makanan namun ada saja moment-moment tertentu.

Ketika kamu memesan setelah meeting atau bersama partner kerja atau client setelah briefing di kantor, dengan kondisi waktu yang harus cepat tentunya untuk mengajak makan di luar lumayan sulit serta membuang-buang waktu. Kamu harus delivery makanan dan selain menu yang diinginkan harus sesuai dengan client atau mitra bisnis kamu tentunya packaging harus diperhatikan sebagai bentuk profesionalisme dalam bekerja.

Delivery makanan di Jakarta tentunya sudah banyak yang memberikan packaging yang menarik, karena packaging sendiri memiliki unsur yang kuat dalam usaha bisnis. Apabila kamu terbiasa tidak memperhatikan dalam delivery makanan, tentu saja ketika berada di situasi seperti ini kamu akan sedikit kesusahan, oleh karena itu packaging penting sekali untuk diperhatikan ketika delivery makanan.

Saldo

Ujung-ujungnya saldo, memang benar semua berujung kepada uang yang dimiliki. Kamu juga harus memperhatikan hal tersebut, buat perhitungan yang jelas. Baik antara harga pesanan, jumlah ongkos kirim, potongan harga yang didapatkan promosi dan saldo yang dimiliki.

Jangan sampai asal memesan tidak memperhatikan saldo yang memiliki, atau memiliki kebiasaan dalam meminjam uang ke teman yang ikut memesan, itu akan membuat citra kamu kurang baik apabila terlalu sering. Jangan juga memaksakan menu yang kamu pilih ketika delivery makanan karena tidak sesuai saldo yang dimiliki.

Namun dengan memperhatikan 5 poin tadi tentunya kamu akan mendapatkan bentuk gambaran penyelesaian dari masalah, ketika delivery makanan di Jakarta. Tentunya banyak poin-poin lainnya, tetapi paling tidak kamu sudah memperhatikan ke 5 hal sebelum delivery makanan di Jakarta.